loader

Virtual Onboarding, Solusi Mutakhir HR Kenalkan Perusahaan Pada Karyawan Baru

December 09, 2021

Virtual Onboarding atau proses pengenalan perusahaan terhadap karyawan baru melalui online kini menjadi solusi terbaru di era perubahan, khususnya saat pandemi merebak dan mau tak mau menuntut banyak sektor untuk melakukan perubahan.

Dunia kerja saat ini memang sedang mengalami pergeseran menuju ke arah cara kerja dengan sistem online, melihat situasi pandemi yang belum sepenuhnya mereda sehingga sektor perkantoran harus dapat menyesuaikan alur kerja seperti yang sudah terjadi saat ini, Work From Home, Remote Working, Online Meeting, perlahan semua sudah dilakukan secara virtual.

Termasuk juga bagaimana perusahaan melakukan proses onboarding atau pengenalan perusahaan terhadap karyawan baru, yang saat ini sudah dapat dilakukan secara online melalui platform percakapan berbasis video teleconference. Virtual Onboarding menjadi solusi termutakhir bagi Human Resource memperkenalkan perusahaan kepada karyawan-karyawan baru.

Lalu bagaimana cara membuat proses Virtual Onboarding menjadi efektif untuk dilakukan? Simak ulasannya di bawah ini.

Tentukan Jadwal Onboarding dan Mulai Lebih Awal

Meskipun Virtual Onboarding memiliki kelebihan dapat menghemat waktu, namun di sisi lain proses ini juga memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah kemungkinan terjadinya masalah teknis saat proses onboarding.

Cara untuk membuat Virtual Onboarding dapat dilakukan secara efisien dan efektif adalah membuat jadwal pelaksanaan yang jelas. Hindari melakukan Virtual Onboarding sekaligus, lebih baik buat jadwal onboarding untuk beberapa hari agar karyawan baru tidak merasa jenuh karena pelaksanaan yang terlalu lama.

Saat proses onboarding dilakukan, jika seluruh karyawan-karyawan baru sudah berkumpul, HR bisa melakukan proses onboarding lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. Hal ini agar meminimalisir terjadinya pemborosan waktu jika semisal terjadi masalah teknis saat proses onboarding berlangsung.

Terapkan AI dan Gamifikasi

Teknologi yang semakin canggih harus dapat dimanfaatkan oleh Human Resource dalam merancang proses Virtual Onboarding yang menyenangkan bagi karyawan baru.

Salah satunya dengan memanfaatkan kecerdasan buatan saat pengenalan lingkungan perusahaan, ini agar karyawan tidak merasa bosan dan tetap fokus hingga akhir proses onboarding. Human Resource juga bisa menerapkan Gamifikasi atau penambahan elemen game saat proses onboarding.

Gamifikasi dapat membuat proses onboarding lebih menyenangkan, membuat karyawan merasa yakin terhadap lingkungan perusahaan yang nyaman serta melancarkan integrasi kepada tim ketika mereka sudah mulai efektif bekerja.

Bagaimana? Perusahaan Anda tertarik untuk melakukan Virtual Onboarding? Atau mungkin perusahaan Anda sudah lebih dulu menerapkan ini?


Related Posts

Pentingnya Penerapan Human Resource Information System Bagi Perusahaan
Pentingnya Penerapan Human Resource Information System Bagi Perusahaan

Human Resource Information System sudah mulai banyak diterapkan di beberapa perusahaan guna memudahkan para HRD dan bagian personalia menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Seiring dengan perkem ...Read More

3 Soft Skill yang Wajib Dikuasai Untuk Jadi Human Resource Berkualitas
3 Soft Skill yang Wajib Dikuasai Untuk Jadi Human Resource Berkualitas

Untuk jadi Human Resource berkualitas, maka Anda yang mencita-citakan hal tersebut harus menguasai beberapa soft skill tertentu. Adapun beberapa skill bisa Anda kuasai jika Anda ingin menguasainya.