loader

Pentingnya Penerapan Human Resource Information System Bagi Perusahaan

November 13, 2021

Human Resource Information System sudah mulai banyak diterapkan di beberapa perusahaan guna memudahkan para HRD dan bagian personalia menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, pengelolaan perusahaan pun ikut mengalami perubahan ke arah lebih modern.

Human Resource Information System menjadi salah satu jawaban kebutuhan para pengelola bagian personalia perusahaan. Fitur yang terdapat didalamnya juga bisa membantu meringankan pekerjaan bagian personalia seperti pelaporan administrasi, absensi karyawan dan lainnya.

Lalu apa saja manfaat yang bisa diberikan dari penerapan Human Resource Information System bagi perusahaan? Baca artikel ini sampai habis ya!

Memudahkan Penyusunan Kebijakan Perusahaan

Pekerjaan menyusun kebijakan dan anggaran perusahaan sering kali memakan waktu cukup lama, sehingga banyak pekerjaan bidang personalia lainnya yang terbengkalai dan tidak dapat di selesaikan dengan tepat waktu.

Contohnya saja seperti menyusun anggaran untuk perhitungan gaji karyawan karena setiap karyawan memiliki jumlah nominal gaji yang tidak sama, jadi perlu ketelitian penuh untuk mengerjakan ini. Disinilah peran Human Resource Information System dibutuhkan. Dengan software HRIS, HRD bisa mengeintegrasikan berbagai data karyawan, termasuk perhitungan gaji bulanan mereka.

Dengan begitu, perusahaan bisa menyusun kebijakan lainnya untuk karyawan dengan mudah dan cepat seperti tunjangan bonus, insentif dan lainnya jika karyawan sudah mampu mencapai target yang ditentukan perusahaan.

Mengoptimalkan Sumber Daya Manusia

Perlu diketahui bahwa tugas seorang bagian HRD atau personalia bukan hanya mengurusi administrasi karyawan saja, namun juga divisi personalia perlu menjembatani kebutuhan karyawan di kantor dengan keinginan karyawan.

HRD harus mampu menjembatani kebutuhan perusahaan yang menginginkan karyawan mereka bekerja secara optimal di samping tentu saja karyawan pun harus mendapatkan timbal balik dari kinerja optimal yang mereka berikan, seperti pemenuhan hak gaji yang setimpal dengan kinerja.

Dengan penerapan HRIS, divisi personalia bisa lebih fokus pada pengembangan karyawan. Penggunaan HRIS dianggap mampu membuat kinerja divisi personalia lebih efisien dan efektif. HRIS dapar turut berkontribusi dalam mengoptimalkan Sumber Daya Manusia di perusahaan karena memiliki kemampuan untuk merangkum tugas HR dalam satu aplikasi.


Related Posts

3 Soft Skill yang Wajib Dikuasai Untuk Jadi Human Resource Berkualitas
3 Soft Skill yang Wajib Dikuasai Untuk Jadi Human Resource Berkualitas

Untuk jadi Human Resource berkualitas, maka Anda yang mencita-citakan hal tersebut harus menguasai beberapa soft skill tertentu. Adapun beberapa skill bisa Anda kuasai jika Anda ingin menguasainya.

Virtual Onboarding, Solusi Mutakhir HR Kenalkan Perusahaan Pada Karyawan Baru
Virtual Onboarding, Solusi Mutakhir HR Kenalkan Perusahaan Pada Karyawan Baru

Virtual Onboarding atau proses pengenalan perusahaan terhadap karyawan baru melalui online kini menjadi solusi terbaru di era perubahan, khususnya saat pandemi merebak dan mau tak mau menuntut banyak ...Read More