loader

3 Soft Skill yang Wajib Dikuasai Untuk Jadi Human Resource Berkualitas

November 23, 2021

Untuk jadi Human Resource berkualitas, maka Anda yang mencita-citakan hal tersebut harus menguasai beberapa soft skill tertentu. Adapun beberapa skill bisa Anda kuasai jika Anda ingin menguasainya.

Kali ini akan dijelaskan secara ringkas untuk Anda beberapa soft skill yang harus bisa Anda kuasai agar bekerja di sumber daya manusia menjadi lebih mudah. Harapannya dengan memberitahukan skill ini bisa membantu orang-orang untuk menjadi seorang HR yang berkualitas.

Adapun beberapa soft skill yang harus dikuasai untuk menjadi Human Resource Berkualiatas. Skill ini akan sangat berguna jika dimiliki dan diterapkan dalam pekerjaan yang menyangkut sumber daya manusia. Berikut ini merupakan penjelasan singkatnya untuk Anda.

Memiliki Komunikasi yang baik

Kemampuan ini menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk menunjang jadi Human Resource Manager. Namun tidak hanya sekedar baik saja, seorang HR harus memiliki komunikasi yang sangat baik. Hal ini menjadi salah satu hal yang sangat penting karena karyawan HR akan menghadapi berbagai karyawan dengan cara komunikasi yang berbeda-beda.

Bayangkan jika seorang HR tidak memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik, maka bisa saja ada hal yang menyebabkan kesalahan sebuah pekerjaan dikarenakan miskomunikasi yang dilakukan oleh staff HR dengan karyawan lainnya. Jika Anda bercita-cita bekerja di bidang human resource, maka Anda harus mempelajari skill ini.

Memiliki Kemampuan Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Selain kemampuan berkomunikasi, untuk jadi Human Resource berkualitas juga dituntut bisa memecahkan masalah. Hal ini dikarenakan banyak sekali sistem yang harus diatur oleh departemen HR dalam sebuah perusahaan.

Jika memecahkan masalah saja tidak bisa, maka bekerja di HR akan terasa sangat sulit untuk dilakukan. Pemecahan masalah yang dilakukan pun tidak hanya berkaitan dengan sistem, namun juga berkaitan dengan karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut.

Cara mendapatkan skill tersebut adalah selalu aktif dan terlibat dalam diskusi. Kemudian Anda juga bisa membaca banyak buku tentang HR yang berkaitan dengan problem solved. Hal ini harus bisa dilakukan sejak dini sehingga ketika Anda bekerja di bidang HR, maka Anda sudah siap untuk memecahkan segala masalah yang ada dalam sebuah perusahaan.

Paham Melakukan Proses Rekrutmen yang Bijak

Proses rekrutmen menjadi salah satu hal yang terpenting dalam pekerjaan sumber daya manusia. Pasalnya melakukan rekrut karyawan ini layaknya mencari jodoh. Seorang HR harus bisa mencari seseorang yang sesuai kepribadian dan cara kerjanya sesuai dengan perusahaan. Bayangkan jika tidak sesuai, maka hal ini pastinya akan membuat perusahaan semakin menurun kapasitasnya dalam menghasilkan produktivitas.

Alhasil proses ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Adapun salah satu cara agar bisa melatih skill ini adalah dengan mengetahui sifat seseorang dari cara berbicara. Kemudian dapat menyimpulkan dari sebuah hasil pekerjaan dari kepribadiannya. Sehingga hasil yang didapatkan saat rekrutmen tidak mengecewakan.

Jadi Anda sudah paham kan dengan skill yang harus dimiliki untuk menjadi Human Resource berkualitas? Harapannya Anda sudah paham dan semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam bekerja di bagian HR nantinya. Semoga sukses untuk Anda.


Related Posts

Pentingnya Penerapan Human Resource Information System Bagi Perusahaan
Pentingnya Penerapan Human Resource Information System Bagi Perusahaan

Human Resource Information System sudah mulai banyak diterapkan di beberapa perusahaan guna memudahkan para HRD dan bagian personalia menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Seiring dengan perkem ...Read More

Virtual Onboarding, Solusi Mutakhir HR Kenalkan Perusahaan Pada Karyawan Baru
Virtual Onboarding, Solusi Mutakhir HR Kenalkan Perusahaan Pada Karyawan Baru

Virtual Onboarding atau proses pengenalan perusahaan terhadap karyawan baru melalui online kini menjadi solusi terbaru di era perubahan, khususnya saat pandemi merebak dan mau tak mau menuntut banyak ...Read More