loader

Talent Mapping, Strategi HR Dapatkan Kandidat yang Tepat Bagi Perusahaan

September 28, 2021

Talent Mapping adalah sebuah cara untuk mengkategorikan atau mengklasifikasikan kandidat mana yang bertalenta dan memiliki potensi baik untuk bergabung bersama perusahaan. Cara ini dianggap efektif untuk membantu para Human Resource Development (HRD) dalam memilah dan memilih kandidat mana yang memiliki high performance dan high potential untuk pertumbuhan perusahaan di masa depan.

Selain itu juga berguna untuk melakukan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang lebih efektif lagi mulai dari analisis, pengembangan sampai pemanfaatan bakat yang berkelanjutan agar bisa memenuhi kebutuhan perusahaan.

Lalu seperti apa manfaat dan cara para HRD melakukan Talent Mapping? Kita akan bahas di dalam artikel ini.

Manfaat Melakukan Talent Mapping Bagi Perusahaan

Talent Mapping tidak hanya berfungsi untuk mengidentifikasikan apakah para kandidat yang akan masuk ke perusahaan memiliki high performer dan high potential, namun ada beberapa manfaat lain yang bisa di dapat dari melakukan teknik ini.

Seperti HR dapat menemukan bakat terpendam dari para kandidat. Setiap kandidat pasti memiliki bakat terpendam yang unik, yang mungkin tak pernah mereka sadari. Sebagai seorang HR, Anda harus mampu menggali para kandidat agar Anda dapat menemukan apa bakat terpendam yang dimiliki oleh mereka.

Ini bisa menjadi nilai plus bagi setiap kandidat yang memiliki bakat terpendam, apalagi jika bakat terpendam tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi pengembangan dan pertumbuhan perusahaan.

Selain itu, Talent Mapping juga berguna untuk mengefisiensikan waktu rekrutmen. Tidak bisa dipungkiri memang bahwa rekrutmen cukup menguras tenaga dan waktu. Untuk itu, dengan adanya Talent Mapping, para HRD dapat mengefisienkan waktu sehingga proses rekrutmen bisa dilakukan dengan cepat.

Teknik Talent Mapping dengan 9 Box Model

Dalam mengimplementasikannya, Anda bisa menggunakan satu metode Bernama 9 Box Model. Ini merupakan metode sederhana yang mudah di aplikasikan dan di mengerti.

Ada dua dimensi dari model ini yang pertama adalah performa karyawan pada masa lalu, tempat dimana ia bekerja dahulu dan yang kedua potensi karyawan di masa depan.

talent mapping 1

Metode 9 Box Model ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja karyawan dan merencanakan tugas serta tanggung jawab barunya di perusahaan baru sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Itulah dia penjelasan mengenai Talent Mapping yang mungkin dapat menjadi solusi alternatif bagi para HRD dalam proses rekrutmen talent baru.


Related Posts

Mengenal Man Power Planning (MPP) dalam Aktivitas HR
Mengenal Man Power Planning (MPP) dalam Aktivitas HR

Bagi kamu yang punya minat mendalami bidang HR atau yang sekarang disebut Human Capital (HC) maka artikel ini pas untuk kamu baca.

Fungsi Human Resource Management dalam Perusahaan
Fungsi Human Resource Management dalam Perusahaan

Tanpa adanya SDM suatu perusahaan tidak akan bisa berjalan dan berkembang karena SDM merupakan penggerak utama bagi perusahaan.

Masuki Era Hybrid Working, Jadi Tantangan Baru Human Resource
Masuki Era Hybrid Working, Jadi Tantangan Baru Human Resource

Hybrid Working, istilah baru yang muncul akibat dari adaptasi kebiasaan baru di tengah kondisi pandemi saat ini rupanya harus mulai siap untuk dihadapi oleh Human Resource. Pandemi sendiri telah mengu ...Read More